Bangun Kedekatan, Tim KKHI Suapi Jemaah Haji

By Admin

nusakini.com--Enam hari fase kedatangan di Kota Nabi, sebagian jemaah haji menjalani perawatan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daker Madinah. Selain mendapatkan layanan medis, para jemaah juga mendapat layanan psikologis dari tim KKHI. 

Kabid Kesehatan Arab Saudi, Etik Retno Wiyati mengakui bahwa di antara kelebihan pelayanan di KKHI Madinah adalah layanan menyuapi jemaah saat makan. “Selain untuk memastikan makanan yang disiapkan benar-bemar dikonsumsi jemaah, secara psikologis hal ini sebagai wujud kasih sayang petugas pada jemaah,” kata Etik di Madinah, Kamis (08/03). 

Hal senada disampaikan Rekamedis KKHI Madinah, Fauzan. Tenaga Kesehatan yang sehari-hari melayani pasien ini juga melakukan perawatan makan pasien, termasuk menyuapi.  

“Saya senang menyuapi pasien. Selain memastikan pasien mendapat asupan gizi yang cukup, juga untuk mendekatkan interaksi dengan pasien,” katanya. 

Pendekatan yang dilakukan Tim KKHI Daker Madinah ini disambut baik para pasien. Sucipto (63) misalnya, jemaah haji kelahiran Medan ini dirawat karena sakit jantungnya kambuh. “Alhamdulillah, saya mendapat perawatan yang baik. Dokter dan perawatnya baik dan ramah, termasuk disuapi waktu makan,” ujar Sucipto. 

Jemaah lainnya, Radisah Binti Ahmad Kasdan (71) juga mempunyai penilaian yang sama. Nenek asal Purworejo ini merasa senang karena mendapat pelayanan yang menyenangkan di KKHI, termasuk disuapi. 

“Saya merasa gembira mendapat layanan di sini. Petugasnya ganteng genteng dan ayu-ayu. Iki kok manja banget harus disuapi segala, malu,” tutur Rosidah. 

Tidak hanya Sucipto dan Rosidah saja yang mendapatkan layanan disuapi ketika makan. Seluruh pasien di layanan rawat inap mendapat servis yang sama. (p/ab)